Lembaga Intermediasi Keuangan

Klik gambar di atas untuk mendownload dokumen dalam bentuk Microsoft Word.  BAB II Pembahasan A.     Pengertian dan Bentuk-Bentuk Lembaga In...

Klik gambar di atas untuk mendownload dokumen dalam bentuk Microsoft Word. 

BAB II

Pembahasan

A.    Pengertian dan Bentuk-Bentuk Lembaga Intermediasi

1.      Pengertian

Intermediasi keuangan adalah kegiatan pengalihan dana dari penabung kepada peminjam. Intermediasi keuangan adalah proses pemindahan surplus dana dari unit ekonomi, yaitu sektor usaha, lembaga pemerintah, dan individu (rumah tangga) untuk tujuan penyediaan dana bagi unit ekonomi lain. Intermediasi keuangan merupakan kegiatan pengalihan dana dari unit ekonomi surplus ke unit ekonomi defisit.
Lembaga intermediasi adalah lembaga yang peranannya sebagai pihak yang mengumpulkan dana dari surplus unit untuk disalurkan ke pihak yang membutuhkan dana deficit unit.[1]Lembaga intermediasi adalah suatu lembaga yang kegiatannya menyalurkan dana dari pihak surplus (yang memiliki kelebihan dana) kepada pihak defisit (yang kekurangan dana). Lembaga intermediasi keuangan yaitu lembaga yang menjembatani (intermediasi) antara masyarakat yang memiliki kelebihan dana dan masyarakat yang membutuhkan dana. Masyarakat yang memiliki kelebihan dana namun tidak menginvestasikannya sendiri ke dunia usaha karena berbagai alasan menaruh dananya di bank, sedangkan masyarakat yang melakukan kegiatan usaha dan membutuhkan bantuan keuangan akan meminta bantuan keuangan tersebut.[2] Dalam hal ini lembaga keuangan sebagai pihak perantara yang menghubungkan antara unit surplus dengan unit defisit.

2.      Bentuk-bentuk lembaga intermediasi

a.      Depository Intermediaries
Depository Intermediaries adalah lembaga intermediasi karena sebagian besar sekuritas sekundernya merupakan sumber dana terdiri dari berbagai bentuk simpanan. Contoh depository intermediaries: giro, deposito berjangka, tabungan yang diterima dari sektor usaha, ruamah tangga dan lembaga pemerintah.
b.      Contractual Intermediaries
Contractual Intermediariesdalah lembaga yang melakukan kontrak dengan nasabahnya dalam usaha untuk menarik tabungan atau memberikan perlindungan financial terhadap timbulnya kerugian baik jiwa maupun harta. Contoh contractual intermediaries: perusahaan asuransi jiwa, asuransi kerugian dan dana pensiun.
c.       Investment Intermediaries
Investment Intermediaries adalah lembaga yang menawarkan surat-surat berharga yang dapat dimiliki sebagai investasi jangka panjang atau dapat segera dijual apabila investor membutuhkan dananya kembali. Contoh investment intermediaries:trust funds, trust and investment company.

B.     Perilaku Lembaga Intermediasi

Pengalihan yang dilakukan oleh lembaga keuangan sebagai lembaga intermediasi dapat dilakukan dengan cara berikut:[3]
a.       lembaga keuangan membeli sekuritas primer (saham, obligasi) dari unit defisit dan mengeluarkan sekuritas sekunder (tabungan, giro, deposito berjangka) ke unit surplus;
b.      sekuritas sekunder tersebut dialihkan jadi aset finansial dengan memberi pinjaman ke unit defisit.
Lembaga intermediasi memberikan kontribusi kepada organisasi dalam proses produksi, memberikan tempat dan kerangka kerja di mana tenaga kerja dan modal digabungkan dengan sumber-sumber lain untuk menghasilkan suatu produkjasa keuangan yang berbagai jenis.[4]

C.    Intermediasi Denominasi

Intermediasi denominasi (denomination intermediation)adalah lembaga intermediasi menerima tabungan dalam jumlah kecil dari individu atau sumber lain yang mengumpulkan dana tersebut untuk pemberian kredit dalam jumlah besar terutama pada sektor usaha atau lembaga pemerintahan.Intermediasi ini terjadi apabila lembaga intermediasi menerima tabungan dalam jumlah kecil kemudian memberikan kredit dalam jumlah yang jauh lebih besar.

D.    Intermediasi Risiko

Intermediasi risiko(default-risk intermediation)adalah kesediaan lembaga intermediasi keuangan memberikan kredit kepada peminjam yang berisiko dan pada saat yang sama menerbitkan sekuritas yang relatif aman dan likuid untuk menarik dana dari penabung. Intermediasi risiko yaitu kesediaan lembaga intermediasi disatu sisi untuk memberikan kredit kredit kepada peminjam tentu tidak terlepas dari kemungkinan terjadinya risiko. Namun disisi lain untuk menarik dana dari penabung dan juga menerbitkan sekuritas yang lebih aman dan likuid.

E.     Intermediasi Jatuh Tempo

Intermediasi jatuh tempo(maturity intermediation)adalah lembaga keuangan dengan menerima dana dari penabung yang pada umumnya berjangka waktu pendek, kemudian memberikan kredit kepada peminjam yang biasanya membutuhkan dana yang berjangka waktu lebih panjang. Intermediasi jatuh tempo merupakanlembaga keuangan yang menerima simpanan dari penabung dalam jangka pendek, kemudian memberikan pinjaman dalam jangka panjang.

F.     Intermediasi Mata Uang

Intermediasi mata uang (currency intermediation) adalah mata uang penabung sering tidak sesuai dengan kebutuhan mata uang pemakai dana. Lembaga perantara keuangan jelas akan dapat memenuhi kebutuhan mata uang tersebut.[5] Intermediasi mata uang adalah lembaga keuangan yang menerima tabungan dalam berbagai mata uang yang dapat memenuhi kebutuhan mata uang yang diinginkan peminjam.



[1]Djoko Retnadi, Memilih Bank Yang Sehat: Kenali Kinerja dan Pelayanannya (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2006), hlm. 34.
[2]Ahmad Gozali, Halal, Berkah, Bertambah: Mengenal dan Memilih Produk Invetasi Syariah (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2004), hlm. 35.
[3]Denokz Deyxa, Lembaga Keuangan, diakses dari http://denok-s-wien.blogspot.co.id/2015/08/lembaga-keuangan.html, pada tanggal 18 Februari 2016 pukul 21:49.
[4]Ibid.,
[5]Modul 1 Bank & Lembaga Keuangan, diakses dari http://matakuliahmanajemen.blogspot.co.id/2015/03/modul-1.html, pada tanggal 18 Februari 2016 pukul 17:23.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Aplikasi,11,Doa dan Bacaan,3,Ebook,3,Edukasi,12,Fikih Laki-laki dan Wanita,13,Iman,10,Muamalah,13,Pengobatan,3,Penulisan dan Lain-lain,16,Puasa,2,Sakit,2,Salat,8,Sedekah,2,Sejarah,12,Seni,5,Thaharah,2,
ltr
item
ZIBINUMA: Lembaga Intermediasi Keuangan
Lembaga Intermediasi Keuangan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzTEDd5J3NfuYjaYDAcXa-w-QSsWoNLEe2At4QsVx20BIIXd_vV3kNVirewH5pIp8npeiW3a2N9eU00czfjf-oF3hlBgWWoy5AyRRKc0QVI5zJMPmuj7ZAnXTe3z0p7maari2V7RT0DhyphenhyphenB/s1600/Lembaga+Intermediasi+Keuangan.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzTEDd5J3NfuYjaYDAcXa-w-QSsWoNLEe2At4QsVx20BIIXd_vV3kNVirewH5pIp8npeiW3a2N9eU00czfjf-oF3hlBgWWoy5AyRRKc0QVI5zJMPmuj7ZAnXTe3z0p7maari2V7RT0DhyphenhyphenB/s72-c/Lembaga+Intermediasi+Keuangan.png
ZIBINUMA
http://zibinuma.blogspot.com/2017/02/lembaga-intermediasi-keuangan.html
http://zibinuma.blogspot.com/
http://zibinuma.blogspot.com/
http://zibinuma.blogspot.com/2017/02/lembaga-intermediasi-keuangan.html
true
5481340784671165893
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy