Doa-doa di Alquran

Doa-doa di Alquran

Doa-doa di Alquran
Foto oleh Jatenipat Ketpradit
02. Al Baqarah (Sapi Betina)
... إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيۡهِ رَٰجِعُونَ ١٥٦
156. “...Innaa lillaahi wa innaaa ilaihi rooji´uuun.”
“Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali.”
Kalimat ini dinamakan kalimat istirja’ (pernyataan kembali kepada Allah) dan dibaca ketika ditimpa musibah atau pun mara bahaya.

... رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٗ وَفِي ٱلۡأٓخِرَةِ حَسَنَةٗ وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ ٢٠١
201. “...Robbanaaa aatinaa fid dunyaa hasanatau wa fil aakhiroti hasanatau wa qinaa ‘adzaaban naaar.”
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka."

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَيُّ ٱلۡقَيُّومُۚ لَا تَأۡخُذُهُۥ سِنَةٞ وَلَا نَوۡمٞۚ لَّهُۥ مَا فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِي ٱلۡأَرۡضِۗ مَن ذَا ٱلَّذِي يَشۡفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذۡنِهِۦۚ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيۡءٖ مِّنۡ عِلۡمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَۖ وَلَا يَ‍ُٔودُهُۥ حِفۡظُهُمَاۚ وَهُوَ ٱلۡعَلِيُّ ٱلۡعَظِيمُ ٢٥٥
255. “Alloohu laa ilaaha illaa huwal haiyul qoiyuum, laa ta-`khudzuhuu sinatu wa laa nauum, lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh, man dzalladzii yasyfa‘u ‘indahuuu illaa bi-idznih, ya‘lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai-im min ‘ilmihiii illaa bimaa syaaa`, wa si‘a kursiyyuhus samaawaati wal ardho wa laa ya`uuduhuu hifzhuhuma, wa huwal ‘aliyyul ‘azhiiim.”
“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus- menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”
Kursi dalam ayat di atas oleh sebagian mufasir diartikan dengan “Ilmu Allah” dan ada pula yang mengartikan sebagai “Kekuasaan Allah”.

... رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَآ إِن نَّسِينَآ أَوۡ أَخۡطَأۡنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَآ إِصۡرٗا كَمَا حَمَلۡتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦۖ وَٱعۡفُ عَنَّا وَٱغۡفِرۡ لَنَا وَٱرۡحَمۡنَآۚ أَنتَ مَوۡلَىٰنَا فَٱنصُرۡنَا عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡكَٰفِرِينَ ٢٨٦
286. “...Robbanaa laa tu-aakhidznaaa innasiinaaa au akhtho-`na, robbanaa wa laa tahmil ‘alainaaa ishshronk kamaa hamaltahuu ‘alal ladziina minq qoblina, robbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thooqota lanaa bih, wa‘fu ‘annaa waghfir lanaa war hamna, anta maulaanaa fan shurnaa ‘alal qoumil kaafiriiin.”
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

03. Ali ‘Imran (Keluarga ‘Imran)
رَبَّنَا لَا تُزِغۡ قُلُوبَنَا بَعۡدَ إِذۡ هَدَيۡتَنَا وَهَبۡ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةًۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلۡوَهَّابُ ٨
8. “Robbanaa laa tuzigh quluu banaa ba‘da idz hadai tanaa wahab lanaa mil ladunka rohmah, innaka antal wahhaaab.”
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)."

رَبَّنَآ إِنَّكَ جَامِعُ ٱلنَّاسِ لِيَوۡمٖ لَّا رَيۡبَ فِيهِۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُخۡلِفُ ٱلۡمِيعَادَ ٩
9. “Robbanaaa innaka jaami-‘un naasi liyaumil laa roibafiih,  innallooha laa yukhliful mii‘aaad.”
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.”

... رَبَّنَآ إِنَّنَآ ءَامَنَّا فَٱغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ ١٦
16. “...Robbanaaa innanaaa aamannaa fagh fir lanaa dzunuu banaa wa qinaa ‘adzaaban naaar.”
“Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

... رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هَٰذَا بَٰطِلٗا سُبۡحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ ١٩١
191. “...Robbanaa maa kholaqta haadzaa baathilan subhaanaka faqinaa ‘adzaaban naaar.”
"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”
Dibaca ketika mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi.

رَبَّنَآ إِنَّكَ مَن تُدۡخِلِ ٱلنَّارَ فَقَدۡ أَخۡزَيۡتَهُۥۖ وَمَا لِلظَّٰلِمِينَ مِنۡ أَنصَارٖ ١٩٢
192. “Robbanaaa innaka man tudkhilin naaro faqod akhzai tahuu wa maa lizhzhoolimiina min anshooor.”
“Ya Tuhan kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolong pun.”

رَّبَّنَآ إِنَّنَا سَمِعۡنَا مُنَادِيٗا يُنَادِي لِلۡإِيمَٰنِ أَنۡ ءَامِنُواْ بِرَبِّكُمۡ فَ‍َٔامَنَّاۚ رَبَّنَا فَٱغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرۡ عَنَّا سَيِّ‍َٔاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ ٱلۡأَبۡرَارِ ١٩٣
193. “Robbanaaa innanaa sami‘naa munaadiyai yunaadi lil-iimaani an aaminuu birobbikum fa-aa manna, robbanaa fagh fir lanaa dzunuu banaa wa kaffir ‘annaa saiyyi-aa tinaa wa tawaffanaa ma‘al abrooor.”
“Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu), "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.”

رَبَّنَا وَءَاتِنَا مَا وَعَدتَّنَا عَلَىٰ رُسُلِكَ وَلَا تُخۡزِنَا يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِۖ إِنَّكَ لَا تُخۡلِفُ ٱلۡمِيعَادَ ١٩٤
194. “Robbanaa wa aatinaa maa wa ‘at tanaa ‘alaa rusulika wa laa tukhzinaa yaumal qiyaamati  innaka laa tukhliful mii‘aaad.”
“Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji."

07. Al A’raf (Tempat Tertinggi)
...رَبَّنَا ظَلَمۡنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡخَٰسِرِينَ ٢٣
23. “...Robbanaa zholamnaaa anfusanaa wa illam taghfir lanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal khoosiriiin.”
"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.”
Doa di atas merupakan doa yang pernah di baca oleh Nabi Adam ‘alaihis salam dan Hawa (istrinya) sebagai rasa penyesalan karena mereka telah memakan buah yang dilarang untuk dimakan oleh Alla ‘Azza wa Jalla. Sejak saat itu, mereka berdua diturunkan ke bumi.

14. Ibrahim (Nabi Ibrahim)
رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ ٤٠
40. “Robbij ‘alnii muqiimash sholaati wa min dzurriy yati, robbanaa wa taqobbal du‘aaa`.”
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

رَبَّنَا ٱغۡفِرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيَّ وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ يَوۡمَ يَقُومُ ٱلۡحِسَابُ ٤١
41. “Robbanagh fir lii wa liwaalidaiyya wa lilmu`miniina yauma yaquumul hisaaab.”
“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)."

18. Al Kahf (Gua)
... رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةٗ وَهَيِّئۡ لَنَا مِنۡ أَمۡرِنَا رَشَدٗا ١٠
10. “...Robbanaaa aatinaa mil ladunka rahmatau wa haiyyi` lanaa min amrinaa rosyadaa.”
"Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)"
Doa tersebut pernah dibaca oleh para pemuda yang mencari tempat perlindungan ke dalam gua.

20. Thaha
... رَبِّ ٱشۡرَحۡ لِي صَدۡرِي ٢٥  وَيَسِّرۡ لِيٓ أَمۡرِي ٢٦ وَٱحۡلُلۡ عُقۡدَةٗ مِّن لِّسَانِي ٢٧  يَفۡقَهُواْ قَوۡلِي ٢٨
25-28. “...Robbisy rahlii shodrii, wa yassir liii amrii, wah lul ‘uqdatam mil lisaanii, yafqohuu qoulii.”
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”
Doa ini pernah dibaca oleh Nabi Musa ‘alaihis salam ketika di saat melawan Fir’aun, dia bersama saudaranya yaitu Harun‘alaihis salam. Nabi Musa ‘alaihis salam memohon kepada Allah Azza wa Jalla agar dadanya di lapangkan untuk menghadapi Fir’aun yang terkenal sebagai raja yang kejam.

... رَّبِّ زِدۡنِي عِلۡمٗا ١١٤
114. “...Robbi zidnii ‘ilmaa.”
"Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan."

23. Al Mu`minun (Orang-orang yang Beriman)
... رَبَّنَآ ءَامَنَّا فَٱغۡفِرۡ لَنَا وَٱرۡحَمۡنَا وَأَنتَ خَيۡرُ ٱلرَّٰحِمِينَ ١٠٩
109. “...Robbanaaa aamannaa fagh fir lanaa war hamnaa wa anta khoirur roohimiiin.”
"Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik.”

25. Al Furqan (Pembeda)
... رَبَّنَا ٱصۡرِفۡ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَۖ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا ٦٥
65. “...Robbanash rif ‘annaa ‘adzaaba jahannama inna ‘adzaa bahaa kaana ghorooma.”
"Ya Tuhan kami, jauhkan azab Jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal."

... رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا ٧٤
74. “...Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuniu waj ‘alnaa lilmuttaqiina imaama.”
"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

37. Ash Shaffat (Yang Bersaf-saf)
رَبِّ هَبۡ لِي مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ ١٠٠
100. “Robbi hab lii minash shoolihiin.”
“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”
Doa tersebut pernah dibaca oleh Nabi Ibrahim ‘alaihis salam agar diberi anak yang saleh, maka lahirlah anak yang amat sabar yakni Nabi Isma‘il ‘alaihis salam.

46. Al Ahqaf (Bukit-bukit Pasir)
... رَبِّ أَوۡزِعۡنِيٓ أَنۡ أَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ ٱلَّتِيٓ أَنۡعَمۡتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَيَّ وَأَنۡ أَعۡمَلَ صَٰلِحٗا تَرۡضَىٰهُ وَأَصۡلِحۡ لِي فِي ذُرِّيَّتِيٓۖ إِنِّي تُبۡتُ إِلَيۡكَ وَإِنِّي مِنَ ٱلۡمُسۡلِمِينَ ١٥
15. “...Robbi auzi‘niii an asykuro ni‘matakal latiii an‘amta ‘alaiya wa ‘alaa waalidaiya wa an a‘mala shoolihan tardhoohu wa ashlih lii fii dzurriyyati, innii tubtu ilaika wa innii minal muslimiiin.”
"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."
Ayat lengkapnya: Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa, "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."

59. Al Hasyr (Pengusiran)
... رَبَّنَا ٱغۡفِرۡ لَنَا وَلِإِخۡوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلۡإِيمَٰنِ وَلَا تَجۡعَلۡ فِي قُلُوبِنَا غِلّٗا لِّلَّذِينَ ءَامَنُواْ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٞ رَّحِيمٌ ١٠
10. “...Robbanagh fir lanaa wa li-ikhwaaninal ladziina sabaquunaa bil-iimaani wa laa taj‘al fii quluubinaa ghillal lilladziina aamanuu robbanaaa innaka ro-uufur rohiiim.”
"Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Tuhan kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

71. Nuh (Nabi Nuh)
رَّبِّ ٱغۡفِرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيۡتِيَ مُؤۡمِنٗا وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِۖ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارَۢا ٢٨
28. “Robbigh fir lii wa liwaalidaiya wa liman dakhola baitiya mu`minau wa lilmu`miniina wal mu`minaati wa laa tazidizh zholimiina illaa tabaaroo.”
“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan."
Doa ini pernah dibaca oleh Nabi Nuh‘alaihis salam.



DAFTAR PUSTAKA
Departemen Agama RI. 2003. Al-'Aliyy: Al-Quran Dan Terjemahnya. Bandung. CV. Penerbit Diponegoro.

COMMENTS

Nama

Aplikasi,11,Doa dan Bacaan,3,Ebook,3,Edukasi,12,Fikih Laki-laki dan Wanita,13,Iman,10,Muamalah,13,Pengobatan,3,Penulisan dan Lain-lain,16,Puasa,2,Sakit,2,Salat,8,Sedekah,2,Sejarah,12,Seni,5,Thaharah,2,
ltr
item
ZIBINUMA: Doa-doa di Alquran
Doa-doa di Alquran
Doa-doa di Alquran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoRi2rnYkxPNAQ3xh2NIYqnst-uDmF6Myo5iI8rvxfy85BwBqFkcsDss8nHvyYwnBjO2v2sWlDaZBubl7aIiospkJBpo3l1tazbWq5ZY9TFzWt2736XlGZfm61o0Xe7sIOo7rjwqTTLIzm/s640/Jatenipat+Ketpradit.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoRi2rnYkxPNAQ3xh2NIYqnst-uDmF6Myo5iI8rvxfy85BwBqFkcsDss8nHvyYwnBjO2v2sWlDaZBubl7aIiospkJBpo3l1tazbWq5ZY9TFzWt2736XlGZfm61o0Xe7sIOo7rjwqTTLIzm/s72-c/Jatenipat+Ketpradit.jpg
ZIBINUMA
http://zibinuma.blogspot.com/2017/06/doa-doa-di-alquran.html
http://zibinuma.blogspot.com/
http://zibinuma.blogspot.com/
http://zibinuma.blogspot.com/2017/06/doa-doa-di-alquran.html
true
5481340784671165893
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy