Keutamaan Salat Berjamaah

Keutamaan Salat Berjamaah, kelebih salan jamaah, kehebatan salat jamaah, fadulah salat berjamaah, manfaat salat jamaah, hadis salat jamaah, hadis salah di masjid, hadis salat berjamaah, keunggulan sala berjamaah

Keutamaan Salat Berjamaah
Foto oleh Friedrich Polesny

Asy-Syafi’i berkata :
أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعَشِرِينَ دَرَجَةً.
Malik mengabarkan kepada kami, dari Nafi’, dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Salat berjamaah lebih utama atas sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.”[1]

أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ قَالَ : أَخْبَرَنَا الشَّافِعِيُّ قَالَ : أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ اْلأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ أَحَدِكُمْ وَحْدَهُ بِخَمْسَةٍ وَعِشْرِينَ جُزْءًا.
Ar-Rabi’ mengabarkan kepada kami, dia berkata : Asy-Syafi’i mengabarkan kepada kami, dia berkata : Malik mengabarkan kepada kami, dari Abu Zinad, dari A’raj, dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Salat berjamaah lebih utama daripada salatnya salah seorang di antara kalian dengan sendirian sebesar dua pululh lima bagian.”[2]

            Asy-Syafi’i berkata : Salatnya tiga orang atau lebih manakala telah diimami oleh salah seorang di antara mereka itu sudah disebut jamaah. Saya berharap salatnya dua orang yang diimami salah satu dari keduanya sudah bisa disebut jamaah dan saya tidak senang sekiranya seseorang meninggalkan salat jamaah, meskipun dia harus mengerjakan salat bersama kerabat perempuannya, atau budak laki-laki dan perempuannya, atau sebagian anaknya di rumah.

            Sesuatu yang menghalangiku untuk mengatakan bahwa seseorang tidak boleh salat sendirian dalam keadaan dia mampu jamaah adalah pengutamaan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam terhadap salat jamaah atas salat sendirian. Beliau tidak pernah mengatakan bahwa salatnya orang yang sendirian itu tidak sah.

            Lagi pula, kami mencatat riwayat bahwa ada beberapa orang yang pernah terlewatkan salat jamaah bersama beliau lalu mereka salat sendiri-sendiri dengan sepengetahuan beliau, padahal mereka mampu mengerjakan salat jamaah. Selain itu, pernah ada sekelompok orang yang terlewatkan salat jamaah, lalu mereka datang ke masjid dan masing-masing salat sendiri-sendiri, padahal mereka mampu salat secara jamaah di masjid.

            Jadi, masing-masing dari mereka salat sendiri-sendiri. Mereka enggan salat jamaah agar mereka tidak mengadakan salat jamaah dua kali di masjid. Tetapi tidak ada larangan bagi mereka untuk keluar ke suatu tempat guna salat jamaah.

            Salat jamaah itu adalah orang-orang yang salat bermakmum kepada seorang imam. Jika seseorang bermakmum kepada orang lain, maka itu disebut salat jamaah. Semakin banyak jamaah yang salat bersama imam, maka itu lebih saya sukai dan Insya Allah lebih dekat kepada keutamaan.



DAFTAR PUSTAKA
Asy-Syafi’i. Al Umm Jilid 2. (Jakarta : Pustaka Azzam, 2014).


[1] HR. Ath Thabarani (1/129); Al Bukhari (1/216, no. 645, 649) dari jalur Abdullah bin Yusuf dari Malik; dan Muslim (1/450-451) dari jalur Yahya bin Yahya dari Malik; dari jalur Yahya dari Ubaidullah dari Nafi’dengan redaksi “Dua puluh tujuh” saja; dari jalur Ibnu Numair dari ayahnya dari Ubaidullah dengan redaksi “Dua puluh lebih”; dan dari jalur Dhahhak dari Nafi’ dengan redaksi “Dua puluh tujuh lebih”.
[2] Al Baihaqi dalam Me’rifah As-Sunan wal Atsar (2/349-350) berkata, “Seperti inilah hadis ini diriwayatkan oleh Ar-Rabi’ – maksudnya dengan sanad ini.”
Kemudian Al Baihaqi meriwayatkan dengan sanadnya dari Abu Ja’far Ath-Thahawi dari Al Muzanni dari Asy-Syafi’i dari Malik dari Ibnu Syihab dari Said bin Musayyib dari Abu Hurairah.
Lihat As-Sunan Al Ma’tsurah, no. (82)
Al Baihaqi berkata, “Demikianlah hadis ini diriwayatkan oleh Asy-Syafi’i dalam As-Sunan riwayat Harmalah bin Yahya bersama hadis Malik dari Nafi’ dari Ibnu Umar.
Kemudian dia berkata, “Kedua hadis ini tsabit menurut kami, sehingga seyogianya umat Islam mencintai salat berjamaah karena dengan salat jamaah mereka mendapat pahala yang berlipat ganda.”
Al Baihaqi berkata, “Seperti inilah hadis ini diriwayatkan oleh Hasan bin Muhammad Az-Za’farani dalam mazhab lama dari Asy-Syafi’i dari Malik dari Az-Zuhri.”
Berikut ini adalah riwayat Malik dalam Al Muwaththa` dan Muslim dari Malik :
Hr Ath-Thabarani (1/129, no. 2) dari jalur Malik dari Az-Zuhri dari Said dari Abu Hurairah; Muslim (1/449, no. 245/649) dari jalur Yahya bin Yahya dari Malik; dan Al Bukhari (1/217) dari jalur Abu Yaman dari Syu’aib dari Az-Zuhri, dengan redaksi, “Para malaikat malam bertemu dengan para malaikat siang dalam salat Subuh.”
Kemudian Abu Hurairah berkata, “Bacalah ayat ini jika kalian mau, “Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isra` : 78)
Al Baihaqi berkata, “Adapun periwayatan Ar-Rabi’ terhadap hadis Abu Zinad, di antara para pakar hadis ada yang mengklaim bahwa Ar-Rabi’ keliru di dalamnya berdasarkan indikasi riwayat Az-Za’farani, Al Muzanni dan Harmalah.”
Al Baihaqi juga berkata, “Sebagian mereka mengklaim bahwa Malik bin Anas dalam Al Muwaththa` meriwayatkan hadis-hadis yang diriwayatkan diluar Al Muwaththa` dengan sanad-sanad yang berbeda, darinyalah para tokoh sahabatnya itu meriwayatkan dan hadis ini termasuk kategori hadis-hadis tersebut, karena dia diriwayatkan oleh Ishaq bin Ibrahim Al Hanzhali dari Rauh bin Ubadah dari Malik bin Abu Zinad secara serupa dengan riwayat Ar-Rabi’.”
Al Bulqini berkata, “Keterangan yang disampaikan Al Baihaqi dari Rauh itu berbeda dari keterangan para penghafal hadis. Di antara periwayat yang meriwayatkannya dari Az-Zuhri adalah Ma’mar. Hadis tersebut dilansir oleh Muslim dalam Shahih-nya (1/450, no. 246/649).

COMMENTS

Nama

Aplikasi,11,Doa dan Bacaan,3,Ebook,3,Edukasi,12,Fikih Laki-laki dan Wanita,13,Iman,10,Muamalah,13,Pengobatan,3,Penulisan dan Lain-lain,16,Puasa,2,Sakit,2,Salat,8,Sedekah,2,Sejarah,12,Seni,5,Thaharah,2,
ltr
item
ZIBINUMA: Keutamaan Salat Berjamaah
Keutamaan Salat Berjamaah
Keutamaan Salat Berjamaah, kelebih salan jamaah, kehebatan salat jamaah, fadulah salat berjamaah, manfaat salat jamaah, hadis salat jamaah, hadis salah di masjid, hadis salat berjamaah, keunggulan sala berjamaah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrJae2SzaWmtaDpIcXrqCe1PospxmQSz85v-ekONH9m1dd44jqfIpT6ny9HD8eiz8S1W_JZ1bHVY51GiYZzCexfVwsvQhEjsbAAlvmnBXGr1vO1NULR-Y0k74boUQ3s00uIvakBrbLLeg/s640/Friedrich+Polesny.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrJae2SzaWmtaDpIcXrqCe1PospxmQSz85v-ekONH9m1dd44jqfIpT6ny9HD8eiz8S1W_JZ1bHVY51GiYZzCexfVwsvQhEjsbAAlvmnBXGr1vO1NULR-Y0k74boUQ3s00uIvakBrbLLeg/s72-c/Friedrich+Polesny.jpg
ZIBINUMA
http://zibinuma.blogspot.com/2018/10/keutamaan-salat-berjamaah.html
http://zibinuma.blogspot.com/
http://zibinuma.blogspot.com/
http://zibinuma.blogspot.com/2018/10/keutamaan-salat-berjamaah.html
true
5481340784671165893
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy